KELAS EMO DEMO IBU HAMIL

Ulfa Arryfa 29 November 2022 18:12:55 WIB

Kelas Ibu Hamil dengan Metode Emo-Demo (Emotional Demonstration)

***

Bertempat di rumah Bidan Desa Kamulan, Ibu Siti Nur Aisiyah diadakan kegiatan kelas Ibu Hamil dengan Metode Emo Demo. Dihadiri oleh Ahli Gizi dari Puskesmas Baruharjo, Kepala Desa Kamulan, BKTM dan BABINSA Desa Kamulan, Para Kader Ibu Hamil, serta para peserta ibu hamil yang berada di Desa Kamulan.

Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara empat sampai dengan tiga puluh dua minggu dengan jumlah peserta maksimal sepuluh orang. Hal ini dimaksudkan agar pembimbing dapat melakukan interaksi secara efektif dengan ibu-ibu hamil sehingga membuat proses penyampaian materi menjadi lebih efektif. Di kelas ini, ibu akan belajar bersama, berdiskusi, dan bertukar pengalaman tentang kesehatan ibu dan anak secara menyeluruh dan sistematis serta dapat dilaksanakan secara terjadwal dan berkesinambungan. Tujuan diadakannya kelas ibu hamil adalah untuk meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh, keluhan, perawatan persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir,  mitos atau kepercayaan dan adat-istiadat setempat, penyakit menular dan akte kelahiran.

Target yang akan dicapai pada setiap pertemuan adalah perubahan perilaku ibu dari yang kurang benar menjadi benar. Untuk mengubah perilaku, dibutuhkan metode yang lebih dramatis daripada sekedar mengajar atau memberi tahu. Dalam hal ini, demonstrasi akan sangat berguna karena orang sering merasa terpengaruhi oleh apa yang mereka lihat, apa yang mereka lakukan, dan apa yang orang lain lakukan. Oleh sebab itu, tersusunlah sebuah panduan kegiatan yang sangat partisipatif, bertujuan untuk menyampaikan pesan sederhana dengan cara yang menyenangkan dan/atau menyentuh emosi, menggunakan alat peraga, sehingga mudah diingat dan inovatif dibandingkan dengan strategi perubahan perilaku lainnya, panduan ini kemudian disebut Emo-Demo.

Komentar atas KELAS EMO DEMO IBU HAMIL

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi KAMULAN

tampilkan dalam peta lebih besar