Bisnis Peternakan Jangkrik Yang Menggurita di Desa Kamulan

Ulfa Arryfa 03 Juli 2019 16:59:33 WIB

Rabu, 3 Juli 2019. Pagi setengah siang ini kami melakukan kunjungan ke salah satu peternakan jangkrik yang ada di Dusun Guyang Gajah Desa Kamulan. Lokasinya ada di sebelah timur TPQ Idhotun Nashihin Kamulan.

Kami pun disambut oleh Bapak Samsul yang waktu itu sedang membersihkan kandang jangkrik. Dari wawancara kami beliau mengatakan bahwa, bisnis jangkrik ini cukup menjanjikan dikarenakan tidak begitu banyak mengeluarkan tenaga namun hanya dibutuhkan ketelatenan yang ekstra dalam pemeliharaanya.

Bapak Samsul yang setiap hari berkutat denga jangkrik ini memiliki 17 box, satu box special buat indukan yang menghasilkan telur-telur jangkrik. Menurut beliau untuk pembuatan satu box kotak jangkrik dibutuhkan biaya sekitar 300 ribu rupiah.

Untuk jenis yang diternakkan pada kandang bapak Samsul adalah Jangkrik jenis alam. Pemilihan jenis ini dikarenakan mudah dan tidak ribet dalam perawatan. Selain itu harganya juga cukup lumayan ujar beliau.

Untuk peternak jangkrik sendiri di Kamulan sudah ada sekitar 7 peternak aktif yang setiap hari menggeluti dunia jangkrik. Bisnis ini cukup menjanjikan dikarenakan permintaan pasar yang luar biasa besar juga ditambah dengan masih belum banyak yang melirik bisnis ini.

Ke depan harapan beliau adalah mendapatkan bantuan dan juga bimbingan teknis yang menyeluruh dan juga bisa di hubungkan langsung dengan para pembeli agar terhindar dari tengkulak-tengkulak.

keterangan gambar

  1. Gambar Utama adalah lokasi peternakan 
  2. Gambar Kedua telur jangkrik 
  3. Gambar Ketiga indukan jangkrik
  4. Gambar Keempat jangkrik yang siap panen 

 

Komentar atas Bisnis Peternakan Jangkrik Yang Menggurita di Desa Kamulan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi KAMULAN

tampilkan dalam peta lebih besar